10 Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Motovlogmu

Ya bro , memilih domain tu saya ibaratkan sama seperti memilih pasangan hidup atau yang dinamakan istri , suka duka harus dilalui bersama haha . Memilih domain adalah salah satu hal yang sangat penting ketika ingin membangun blog atau website sebagai media promosi untuk channel youtube motovlogmu.

Seorang blogger pemula atau motovlogger pemula maka bisa sambil jalan untuk belajar membuat blog dan membuat channel youtube. Kadang kala saat pemula atau pertama kali kita kurang memperhatikan pemilihan nama channel youtube dan juga pemilihan nama domain blog untuk promosi channel youtube kita.

Baca Juga

Berikut ini ada beberapa hal penting yang perlu mas bro perhatikan nama pemilihan domain untuk pembuatan blog sebagai media promosi channel youtube motovlogmu. Tips tips dibawah ini lumayan cukup banyak hehe yang mungkin bisa menambah referensi dan wawasan kita dalam memilih domain .

Tips Memilih Nama Domain

1. Jangan gunakan domain gratisan

Nah hal yang pertama mas bro perhatikan yaitu sebisa mungkin jangan menggunakan domain gratisan . Domain gratisan itu biasanya banyak di cari oleh blogger pemula atau motovlogger pemula karena ingin memiliki domain sendiri tapi mereka belum mempunya uang atau memang pura pura gak punya uang untuk membeli/membayar domain yang berbayar.
Padahal harga domain itu sekitar 110.000 /tahunnnya.
Contoh domain gratisan itu seperti : .TK.GA.ML dll

Oiya mas gondes motovlog..? emang kenapa kita harus membeli domain berbayar gak boleh gratisann..?

Menurut saya pribadi jika ingin membangun blog yang kredible,yang benar benar ingin di kelola dengan serius maka jangan menggunakan domain gratisan .

Alasannya yaitu

  • Domain gratisan itu biasanya gak sepenuhnya gratis biasanya hanya gratis 1 tahun pertama sedangkan untuk satu tahun berikutnya kita disuruh membayar atau ada persyaratan tersembunyi yang kadang kita gak bisa akses domain tersebut tanpa pemberitahuan mas bro .
  • Domain gratisan sering digunakan oleh blog blog spam atau blog yang dibuat khusus untuk main kuantitas .
  • Domain gratisan kurang bagus, ngak terlihat profesional dan gak keren

2. Lupakan EMD, pilih brandable domain

Bagi mas bro yang bingung apa itu EMO dan Brandable domain mungkin saya akan jelaskan sedikit mengenai hal tersebut, jadi EMD atau kepanjangan dari Exact Match Domain adalah sebuah nama domain yang menggunakan kata kunci yang ditarget yang harapanya yaitu bisa mendapatkan rangking lebih tinggi di mesin pencari. Sebagai contoh domain EMD yang menarget kata kunci yaitu “www.motovlogindonesia.com” atau “www.caramembuatmotovlog” dll.
Sedangkan untuk brandable domain adalah nama domain yang lebih mengutamakan branding ketimbang keyword, sebagai contoh misalnya seperti domain saya ini yaitu gondesmotovlog.com , atau google.com , facebook.com dan lain lain.

Dalam pemilihan domain soal EMD VS Brandable domain saat ini masih sering menjadi perdebatan dikalangan blogger. Ada yang berpendapat bahwa domain EMD lebih bagus dikarenakan bisa membantun meningkatkan ranking di mesin pencari atau ada juga yang berpendapatn bahwa domain brandable itu lebih bagus karena jika sudah terkenal akan mendapatkan pengunjung balik atau return visitor.
Saya pribadi sih lebih senang menggunakan brandable domain dibandingkan EMD karena memang ingin membangun brand jadi segala channel menggunakan brands saya contoh

  • http://instagram.com/gondesmotovlog
  • http://youtube.com/gondesmotovlogs
  • http://facebook.com/gondesmotovlog
  • http://ask.fm/gondesmotovlog
  • dll

Jika ingin lebih baik bisa menggabungkan semuanya , di domain saya yaitu gondesmotovlog , gondes itu adalah branding saya dan motogvlog adalah sebuah keyword atau kata kunci sehingga kalau digabung adalah gondesmotovlog.com .

3. Jangan gunakan trademark pada nama domain

Dalam pemilihan domain biasanya hal kecil yang satu ini sering diabaikan oleh seorang blogger pemula atau orang yang ingin mendaftar/membeli domain baru
Padahal menggunakan tradermark atau merek dagang milik orang lain pada domain yang kita beli maka bisa beresiko blog kita akan dituntut oleh pemilik trademark.
Sebagai contoh misalnya :
Misalnya mas bro ingin membuat blog dengan menggunakan domain mbahyahoo.com atau tipsfacebook.com ,jadi bukan tidak mungkin jika nanti pihak yahoo atau facebook akan menghubungi mas bro untuk menuntut denda uang sekitar 500 juta karena menggunakan trademark mereka tanpa izin . Jadi alangkah baiknya dulu sebelum membeli doamin baru harus di cek apakah domain yang mas bro pilih mengandung trademark atau tidak.

4. Pilih ekstensi .COM, .NET atau ccTLD

Ketika mas bro mencari nama domain usahakan carilah domain yang menggunakan externsi .com . Alasanya yaitu karena domain yang menggunakan ekstensi .com ini adalah yang paling mudah dihapal di otak kita dan paling populer di internet maksudnya paling banyak digunakan oleh kalangan blogger , motovlogger dan lain sebagainya.

Jika mas bro saat membeli domain ternyata domain .com sudah ada yang menggunakan misalnya gondesmotovlog.com maka bisa menggunakan extensi domain yang lain misalnya .net (ekstensi domain yang populer kedua setelah .com)

Kemudian jika .net juga sudah digunakan maka bisa menggunakan domain ccTLD..? jadi apa itu domain ccTLD..? Jadi pengertian domain ccTLD yaitu singkatan dari Country Code Top-Level Domain yang artinya adalah sebuah domain yang ekstensi domain diakhirnya khusus dinegara tersebut. Contoh domain ccTLD diantaranya yaitu :

Contohnya:

.ID = Indonesia (motovlog.id)

.DE = Jerman

.ES = Spanyol

.IN = India

.JP = Jepang

.DLL = Singkatan dari “Dan Lain-Lain

5. Buat nama domain seunik mungkin

Buatlah nama domain yang terlihat unik dan mungkin tidak meniru nama domain domain yang ada sebelumnya. Sebagai contoh misalnya mas bro ingin membuat blog yang membahas tentang motovlog indonesia maka mas bro bisa saja membeli domain Motovlogindonesia.com atau motovlog.id atau motovlogger.com dll ya sebenarnya bebas sih asalkan domain tersebut masih mudah untuk dihapalkan dan mudah untuk diingat.

6. Pastikan mudah diketik, diingat dan diucapkan

Pastikan saat mas bro membeli domain baru yaitu domain yang dibeli tersebut mudah untuk di ketik, kemudian mudah untuk diingat dan mudah juga untuk di ucapkan. Hal yang satu ini lumayan cukup penting karena memudahkan kita dalam melakukan promosoi blog baik yang online maupun promosi offline.
Sebagai contoh misalnya saat kita kita riding di jalan.
Bro punya blog gak ..?
Kemudian kita jawab ada bro ..?
Nama blognya apa..?
Silahkan blog gondesmotovlog.com ?

Berikut ini ada beberapa tips agar domain yang mas bro beli mudah untuk diketik dan di ingat oleh pengunjung blog.

  • Domain yang akan dibeli usahakan jangan menggunakan angka misalnya gondesmotovlog12435.com *sulit untuk dihapalkan
  • Domain yang akan dibeli usahakan jangan menggunakan tanda hubung atau simbol gak jelas contoh (gondes-motovlog.com
  • Domain yang akan dibeli usahakan jangan menggunakan kata yang sulit untuk di eja contoh gonxesxxmotovlog.com
  • Domain yang akan dibeli usahakan jangan menggunakan kata yang terlalu panjang contoh gondesmotovlogterbaikdiindonesia.com

7. Memilih nama domain berdasarkan trend

Untuk tips yang satu ini dalam pemilhan domain sebenarnya tergantung topik blog yang mas bro yang akan dibuat. Jika topik blog memang khusus atau topik tertentu sebenarnya tidak terlalu masalah jika menggunakan domain berdasarkan trend sebagai contoh saat ini kan lagi trend dunia per motovlog indonesia . Bisa saja mas bro membeli domain motovlogindonesia.com untuk membuat blog yang isinya tentang motovlog yang ada di indonesia.

8. Jangan gunakan domain bekas

Domain bekas disini maksudnya yaitu nama domain yang akan kita beli tersebut ternyata sebelumnya sudah ada yang menggunakan sebelum kita membeli domain tersebut dikarenakan domain tersebut sudah expired maka bisa di daftarkan lagi.
Sebenarnya sih gak terlalu masalah kalau kita ingin membeli domain expired atau domain fresh untuk membangun blog ,tapi cuman kadang kadang jika menggunakan domain bekas tersebut kadang histori domain tersebut sudah digunakan untuk web spam, pornografi, virus atau konten konten buruk lainya yang mana jika kita membeli domain bekas website tersebut tentunya tidak baik bahkan mungkin akan zulit untuk berkembang.
Selain itu juga domain experired atau domain bekas biasanya sudah pernah dibanned oleh adsense atau mesin pencari sehingga domain tersebut tidak bisa di monetize google adsense dan hal hal buruk lainnya.
Jika mas bro ingin mencari domain dan ndelalah dapat domain bekas maka segera cek historinya ,untuk pengecekan domain mas bro bisa menggunakan tools alamat website berikut ini

http://whois.domaintools.com/

Ketik nama domain yang di inginkan kemudian klik “search” maka nanti disitu akan muncul tulisan “Deleted And Available Again” itu artinya adalah domain tersebut adalah doamin bekas

Domain-bekas

9. Daftarkan domain di tempat terpercaya

Tips yang kesembilan yaitu pastikan mas bro membeli domain di tempat terpercaya ,hal ini tentunya sangat penting karena hal ini menyangkut tentang jangka panjang dan masa depan dalam manajemen domain . Jangan sampai domain yang mas bro daftarkan tersebut di tempat yang abal abal ,ya alasan membeli di tempat tersebut mungkin dikarenakan harganya yang murah atau diskon besar besaran tapi layanannya buruk sekali.
Tentunya mas bro ndak ingin to kehilangan akses domain tersebut dikarenakan penyedia layanan domain tersebut menghilang atau layanannya busuk atau bangkrut atau hal lainya.
Idwebhost.com , rumahweb.com adalah salah satu penyedia nama domain yang terpercaya dan saya rekomendasikan kalau mau beli domain di tempat tersebut.

Ya perusahaan tersebut sudah terpercaya dikarenakan beberapa hal dibawah ini

10. Tips dari sobat di sini…

Untuk tips yang 10 ini mas bro bisa tambahkan ya pengalamannya di kotak komentar agar lebih sempurna , monggo yang mau komen komen untuk menambahkan tips point pemilihan domain yang ke 10 .

Leave a Reply