gondes Seorang blogger dan juga motovlogger yang suka dengan kegiatan menulis dan ngedit video :)

Review Yamaha WR 155 R Motor Trail Istimewah

4 min read

Bebera hari yang lalu saya berkesempatan  untuk cobain motor trail dari yamaha yaitu Yamaha WR 155 R , motor yang satu ini merupakan motor terbaru dari yamaha dengan segment motor trail (trabasan).  Saat ini kurang lebih segment motor trail di indonesia sudah banyak pemainnya diantaranya yaitu KLX 150 BF , Honda CRF 150 L dan Terakhir yaitu Yamaha WR 155 R . ketiga motor diatas bermain di mesin yang sama yaitu 150 cc  dan memiliki rentan harga yang mirip2.OK langsung saja yuk kita bahas detail mengenai motor yamaha wr 155 ini

Desain Yahama WR 155 R

Ngomongin desain motor sebagai orang awam yang baru kenal motot trail ,motor ini terlihat keren , memiliki desain body yang tajam ,Bagian headlamp memiliki desain yang agak gepeng , kemudian bagian spakbor depan yang memiliki desain lebar dan besar untuk melindungi kotoran dari ban depan. Lanjut pada bagian body tangki ,wr 155 ini memiliki desain yang kekar dan tegas, lekukan garisnya terlihat lebih sporty . Pada bagian body tengah sedikit agak mengecil bodynya dan pada bagian body belakang desainya melebar lagi . Untuk kualitas body plastik yang digunakan di motor wr 155 ini lumayan cukup tebal , kemaren saya coba pukul2 menggunakan kunci bahan plastik absnya benar2 tebal jadi sesuai dengan harganya.

Untuk masalah penerangan motor yamaha wr 155 ini masih menggunakan lampu bohlam hologent belum menggunakan LED tapi kemaren saya cobain di malam hari cahayanya cukup terang dengan warna kuning. Oiya untuk bagian suspensinya sendiri memiliki diameter yang cukup besar yaitu 41 mm hampir sama dengan shock byson dan R25 dan juga tabungnya yang panjang banget sehingga memiliki peredaman yang cukup baik saat melewat terjal jalanan.

Dimensi
Panjang: 2145 mm
Lebar: 840 mm
Tinggi: 1200 mm
Tinggi Tempat Duduk: 880 mm
Wheelbase: 1430 mm
Ground Clearance: 245 mm
Curb Weigt: 134 kg
Ukuran Ban Depan: 2.75 – 21″ 45P
Ukuran Ban Belakang: 4.10 – 18″ 59P

Sebagai Motor Trail atau motor yang cocok digunakan buat trabasan ini memiliki ground clearrance yang cukup tinggi . ground clearance yang tinggi ini disebabkan karena velg depan menggunakan velg alumunium merek DID ,lebar 1.6 inc dan ringnya diameter 21 inch , sedangkan untuk velg belakang memiliki lebar 2.15 inc , ring berdiameter 18 inc sehingga motor ini memiliki tinggi yang menurut saya cukup tinggi banget :v

Oiya ngomongin pengeremannya motor wr 155 ini memiliki pengereman yang pakem banget dengan piringan cakram model gelombang (wave) untuk ukurannya sendiri yang belakang 220 mm sedangkan piringan cakram depan berukuran 240 mm.

Oiya masih ngomongin tinggi motor wr 155 ini buat mas bro yang memiliki tinggi 165 cm mungkin motor ini masih cukup tinggi karena kemaren saya cobain nih motor kaki kanan kiri jinjit banget , jadi kalau buat trabasan bakalan rekoso (susah) karena kakinya gak sampe tanah dengan sempurna. Jadi mas bro harus melakukan modif yaitu melakukan penurun shock depan dan shock belakang atau dengan memodifikasinya menjadi konsep yamaha wr 155 supermoto sehingga saat digunakan buat harian motor ini menjadi sangat sangat nyaman sekali .

sumber : https://www.motorplus-online.com/

Fitur Yamaha WR 155 R

Ngomongin fitur yamaha wr 155 ini memiliki fitur yang cukup banyak dan menurut saya apa bila motor ini digunakan untuk melahap segala medan menurut saya sih udah cukup banget, mau digunakan buat di aspal , di jalan bergelombang, jalan terjal , jalan sawah pokoknya semua medan motor ini masih terbilang sangat nyaman dan stabil. Untuk fitur2 yang di sematkan pada motor yamaha wr 155 r ini meliputi speedometer digital , lampu hazzard , grip yang empuk, radiator yang memiliki ukuran cukup besar yang letakknya di bagian kanan , terus pada shock bagian belakang yang memiliki preload adjuster sehingga empuk dan kerasnya bisa di setel.

Kelengkapan Fitur:
– Full Digital Instrument Meter
– Multi Information Display
– Adjustable Pre-load Monocross Suspension
– Wide-Long Telescopic Suspension
– Hazard Lamp
– Alumunium Rims with Dual-purpose Tires
– Front and Rear Wavy Disc Brakes
– Liquid Cooling System
– Variable Valve Actuation

Performa Mesin Yamaha WR 155 R

Motor yamaha wr 155 r ini menggunakan mesin yang paling tinggi di kelasnya yaitu 155 cc dengan katup vva (soch) dengan pendingin cair. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga sebesar 16.7 HP pada putaran mesin 10000 rpm dan untuk torsinya mampu mengeluarkan sebesar 14,3 NM pada putaran mesin 6500 rpm.

Dibandingkan dengan rivalnya yaitu CRF 150 L dan KLX 150 yamaha WR 155 ini memiliki spek mesin yang paling tinggi dengan kondisi standard pabrik. dan yang paling saya suka yaitu tenaga motor ini lebih merata di setiap putaran rpmnya , baik rpm bawah , tengah sampai atasnya.

Oiya sedikit ngomongin mesin motor yamaha wr 155 ini menurut saya pribadi untuk powernya apa bila digunakan buat trabasan sudah cukup , untuk nanjak juga masih kuat .Oiya satu lagi yang paling saya suka dari motor yamaha wr 155 ini yaitu memiliki transmisi hingga 6 percepatan dimana di gigi 4-5-6 itu memiliki nafas perpindahan gigi yang sangat panjang sekali. Untuk top speednya sendiri kemaren cobain tembus 122 km/jam dengan menggunakan knalpot racing.

Spesifikasi Mesin dan Transmisi
Mesin: 155 cc VVA, 4-langkah 4-katup, SOHC, Berpendingin Cair
Bore x Stroke: 58 x 58.7 mm
Rasio Kompresi: 11.6:1
Tenaga Maks: 16.7 HP / 10000 rpm (12.3 kW)
Torsi Maks: 14.3 Nm / 6500 rpm
Pelumasan: Oli mesin, penggantian 0.85L periodik (0.95L dengan filter)
Tipe Starter: Elektrik
Tipe Baterai/Aki: YTZ4V
Sistem Pengapian: TCI/Transistor
Tipe Busi: MR8E9
Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection
Kapasitas Bahan Bakar: 8.1 Liter
Transmisi: Manual 6-percepatan (1-N-2-3-4-5-6)
Tipe Kopling: Wet Type Multi-plate

Kenyamanan dan Handling Yamaha WR 155 R

Oiya ngomongin kenyamanan motor trail yang satu ini menurutku memiliki suspensi yang empuk, lembut pokoknya mantab jiwa , buat mas bro wajib cobain deh wkwk pasti ketagihan wkkwkw. Bantingan suspensi wr 155 r ini cukup bagus dalam meredam segala guncangan. Nah buat mas bro yang belum biasa naik motor trail mungkin akan kerasa kurang nyaman karena motor ini posisi duduknya tinggi bet ,dan joknya yang tidak terlalu lebar tapi cukup empuk.

Untuk kenyamanan motor ini waktu kemaren cobain cukup nyaman sih dengan stang model lebar baplang , dan lumayan cukup tinggi sehingga saat tangan berada di stang maka terasa lebih gagah, gaya (geleling) dan nyaman saat menghamtam jalan yang terjal.

Harga Yamaha WR 155 R

Yamaha WR 155 R memiliki 1 warna saja yaitu biru dengan harga sekitar Rp 36.900.000,- untuk OTR DKI Jakarta per Januari 2020. Kalau harganya dibandingkan dengan crf 150 l dan klx 150 yamaha wr 155 r ini sedikit lebih mahal di kelasnya.

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha WR 155 R

Kelebihan:

Berikut ini beberapa kelebihan yang saya rasakan kemaren waktu cobain yamaha wr 155 r .

  • Spek Mesin paling tinggi di kelasnya 155 cc
  • Respon motor lebih responsif di setiap putaran rpm
  • Udah 6-speed ,sedangkan kompetitor hanya 5 speed
  • Memiliki Ground clearance tinggi sehingga sangat cocok buat trail dan trabasan
  • Pengereman yang pakem pake banget
  • Memiliki kapasitas tangki yang paling besar yaitu 8.1 liter jadi cocok buat touring dan perjalanan  jauh

Kekurangan:

  • Memiliki harga paling mahal di kelasnya
  • Posisi duduk tinggi ,kalau tinggi 165 cm bakalan jinjit kayak saya
  • Bobot paling berat di kelasnya yaitu 134 kg, sedangkan crf 150 l 122 kg , klx 110 kg

Kesimpulan :

Akhirnya kita ngomongin kesimpulanya, secara desain motor ini memiliki desain yang bagus banget, body yang tajam, lekukan body yang sporty dan memberikan kesan macho dan gagah saat mengendarai motor wr 155 ini . Performa motor wr 155 ini tidak di ragukan lagi yang jelas paling tinggi di kelasanya dan mungkin paling kencang dengan kondisi standard pabrik , kemaren cobain bisa tembus 122 km/jam dan itu rpmnya belum full masih banyak , karena terhalang track jalan yang kurang panjang ya mentok di 122 km/jam.  Motor wr 155 r ini juga memiliki jumlah transmisi hingga 6 speed , untuk gigi 4-5-6 nafasnya panjang banget jadi sangat cocok digunakan buat touring, secara umum motor wr 155 r ini adalah motor trail yang wajib mas bro miliki karena kenyamanan dan performanya cukup baik .

gondes Seorang blogger dan juga motovlogger yang suka dengan kegiatan menulis dan ngedit video :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *